PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG PENYAKIT HEPATITIS

 

Penyuluhan kesehatan tentang penyakit hepatitis dilaksanakan pada pada hari senin tanggal 9 November 2015 bertempat di gedung Manunggal Tridaya Cakti, diikuti oleh seluruh anggota Mapussenkav, perwakilan anggota Denkavkud, perwakilan Persit KCK Cabang IX Pussenkav PG Kodiklat TNI AD dan perwakilan siswa dan siswi SMP Kartika X-1 Pussenkav, yang bertindak sebagai penyuluh/penceramah dari Kedam III/Slw (Mayor Ckm Susana, A.Md.Keb)

Menurut penjelasan Mayor Ckm Susana, A.Md.Keb yang bertindak sebagai penyuluh/penceramah dari Kesdam III/Slw, Hepatitis berarti peradangan atau pembengkakan liver atau hati. Hepatitis adalah penyakit berbahaya karena menyerang hati, yang merupakan organ penting dengan ratusan fungsi.  Ada lima virus penyebab hepatitis, yang diberi nama hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D dan hepatitis E. Walaupun kelima virus tersebut dapat menghasilkan gejala yang mirip dan memiliki efek yang sama, masing-masing memiliki keunikan dalam cara penularan dan dampaknya terhadap kesehatan.

HAV, HBV, dan HCV menyerang sel hati yang menjadi tempat yang baik bagi virus untuk berkembang biak. Sebagai reaksi terhadap infeksi, sistem kekebalan tubuh memberikan perlawanan dan menyebabkan peradangan hati (hepatitis). Bila hepatitisnya akut (yang dapat terjadi dengan HAV dan HBV) atau menjadi kronis (yang dapat terjadi dengan HBV dan HCV) maka dapat bekembang menjadi jaringan parut di hati, sebuah kondisi yang disebut fibrosis. Lambat laun, semakin banyak jaringan hati diganti dengan jaringan parut seperti bekas luka, yang dapat menghalangi aliran darah yang normal melalui hati dan sangat mempengaruhi bentuk dan kemampuannya untuk berfungsi semestinya. Ini disebut sebagai sirosis. Bila hati rusak berat, mengakibatkan bendungan di limpa dan kerongkongan bagian bawah akibat tekanan di organ yang tinggi. Dampak dari kondisi ini – yang disebut sebagai hipertensi portal – termasuk pendarahan saluran cerna atas dan cairan dalam perut (asites).

Kerusakan pada hati juga dapat mengurangi pembuatan cairan empedu yang dibutuhkan untuk pencernaan yang baik dan mengurangi kemampuan hati untuk menyimpan dan menguraikan bahan nutrisi yang dibutuhkan untuk hidup. Dampak lain dari hati yang rusak temasuk ketidakmampuan untuk menyaring racun dari aliran darah, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan kesadaran dan bahkan koma. Ada lima virus yang diketahui mempengaruhi hati dan menyebabkan hepatitis: HAV, HBV, HCV, virus hepatitis delta (HDV, yang hanya menyebabkan masalah pada orang yang terinfeksi HBV), dan virus hepatitis E (HEV). Tidak ada virus hepatitis F. Virus hepatitis G (HGV) pada awal diperkirakan dapat menyebabkan kerusakan pada hati, tetapi ternyata diketahui sebagai virus yang tidak menyebabkan masalah kesehatan, dan virus ini sekarang diberi nama baru sebagai virus GB-C (GBV-C).

Dengan adanya penyuluhan kesehatan tersebut, diharapkan kepada seluruh prajurit dan PNS Pussenkav Kodiklat TNI AD dan keluarga dapat mengerti dan memahami tentang bahayanya penyakit Hepatitis HIV, sehingga kita semua dapat terhindar dari penyakit yang membahayakan itu.

 

 

Hits: 1046